Cara Membuat Surat Masal / Mail Merge pada Microsoft
Office Word
Mail Merge
adalah salah satu fasilitas yang disediakan Microsoft Word untuk membuat surat
masal seperti surat undangan. Fungsi mail merge pada ms word sangat membantu
pengguna komputer untuk membuat surat edaran dengan jumlah yang banyak tanpa
harus mengetik satu per satu surat. Akan tetapi dengan fungsi ini kita hanya
perlu membuat satu template untuk semua surat dan membuat data base yang akan
di hubungkan dengan template surat.
Berikut langkah-langkah untuk membuat surat masal pada microsoft office word:
1.KLIK START
Berikut langkah-langkah untuk membuat surat masal pada microsoft office word:
1.KLIK START
2. KLIK
MICROSOFT OFFICE WORD
3.Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
4.Pada SELECT RECIEPENTS, pilih Type New List.
3.Klik menu mailings pada menu bar, selanjutnya pilih select recipient pada group start mail merge.
4.Pada SELECT RECIEPENTS, pilih Type New List.
5.Selanjutnya akan muncul jendela new address list, klik customize columns untuk menyesuaikan dengan kolom yang anda buat.
6.Hapus data
yang ada pada field name, dan sisakan data sesuai dengan kebutuhan Anda,
kemudian ganti nama field sesuai dengan data pada surat Anda. Jika anda
menghapus field name, usahakan dari bawah ke atas untuk memudahkan menghapus
data field.
8.langkah selanjutnya, buka folder dimana database Anda tersimpan. Database yang tersimpan biasanya mempunyai format access.
9.Isi database
sesuai yang Anda inginkan dan simpan.
10.Selanjutnya buka lembar kerja ms word Anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
10.Selanjutnya buka lembar kerja ms word Anda, dan klik preview result untuk melihat hasilnya.
Selamat mencoba
dan semoga berhasil.
Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
Klik anak panah kekanan atau kekiri pada preview result untuk melihat surat masal dengan nama yang lain.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar